mairieaussevielle.com

My WordPress Blog

Hujan es dan puting beliung menerjang desa wilayah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Entah berapa banyak kerusakaan yang dihasilkan oleh hujan e,  masih dihitung oleh petugas BPPD setempat, dengan melaksanakan pendataan kerusakan rumah terutama di desa Kawasan Gunung Argopuro yang eksklusif mencicipi dampaknya.

Kepala Resort Kesatuan Pemangku Hutan (KRPH) Kecamatan Sumbermalang, Imam Khodiri, menceritakan ihwal insiden hujan es yang terjadi ketika dia sedang melaksanakan patroli di daerah hutan desa setempat. Warga yang berada di daerah hutan lindung tersebut eksklusif berlarian dan berilindung di warung dan gubuk daerah hutan. Beberapa warga yang mencari tempat berlindung lebih kokoh dari hujan es alasannya butiran yang jatuh berukuran cukup besar.

“Hujan es terjadi di Desa Alas Tengah, Kecamatan Sumbermalang sekitar pukul 14.00 WIB dan durasi hujan es sekitar 15 menit. Lumayan sakit terkena butiran hujan es, warga sekitar berlarian, ada juga beberapa warga yang sedang mencari rumput berlindung di bawah pohon bambu,” ungkap Imam.

Tidak hanya di daerah gunung Argopuro saja yang diterjang oleh hujan es. Menurut isu yang terima, hujan es dan puting beliung juga menyerang Desa Taman Kursi di Kecamatan Sumber Malang. Tetapi dia belum tahu secara niscaya berapa jumlah rumah yang rusak akhir kerusakan tersebut.

Sementara Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdal Ops) BPPD Situbondo, Puriyono, menyampaikan jikalau dia masih melakuakn pendataan ke lokasi bencan alam puting beliung di desa yang ada di daerah Gunung Argopuro tersebut.

“Kami masih perjalanan, dan informasinya memang (puting beliung) di Desa Taman Kursi, nanti kami informasikan kembali,” katanya.