mairieaussevielle.com

My WordPress Blog

Mungkin banyak yang tidak mengenal nama dari nona satu ini, Sakdiyah Maruf, seorang Stand-up Komedian yang terpilih dalam 100 BBC Women alias wanita paling kuat dan menginspirasi di dunia tahun 2018 versi BBC. Jebolan ajang Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV tahun 2011 menekuni dunia komedi tunggal yang bermaterikan perihal keresahannya terhadap ekstemisme Islam dan juga kekerasan terhadap perempuan.

Sadkiyah Maruf yang sekarang berusia 36 tahun berada di urutan 54 dari 100 wanita yang paling kuat di dunia versi BBC tersebut. Atas penghargaan ini ia pun mengucapkan terima kasih terutama kepada sejumlah orang yang berjasa kepadanya.

“Terima kasih kepada @AntoniaMarrero @MoralCourage @IrshadManji alasannya ialah sudah memercayai aku semenjak awal dan dengan sabar mentoring saya. Dan aku persembahkan ini untuk Anda, Toni. Percakapan kami telah membantu aku berkembang,” tulisnya @sakdiyahmaruf.

Selain Sadkiyah ada banyak wanita lain yang tentu tidak kalah menginspirasi dari dirinya. Salah satunya adalah Abisoye Ajayi-Akinfolarin, wanita asal Nigeria yang merupakan pendiri dari GirlsCodingGirlsCoding sendiri ialah LSM yang mengajarkan wanita dalam coding, merancanng sekaligus membangun situs web untuk menuntaskan bermacam dilema yang terjadi di komunitas mereka.

Tidak hanya mendapatkan penghargaan dari BBC saja, wanita yang dikenal suka membahas informasi seputar islam ini juga mendapatkan penghargaan Vaclav Havel International Prize for Creative Dissent 2015. Hingga ia pun terbang ke Oslo, Norwegia guna mendapatkan kehormatan tersebut dari The Human Rights Foundation (HRF). 100 BBC Women mengjangkau semua wanita dari yang berusia 15 hingga 94 tahun bung, dari yang pemimpin, pencetus hingga jagoan sehari-sehari. Semua wanita tersebut dijaring dari 60 negara.