mairieaussevielle.com

My WordPress Blog

Pada Pemilu 2019 ini, PKS menjanjikan dua hal. salah satunya yakni jikalau PKS menang pada Pemilu 2019, PKS akan memperjuangkan RUU Penghapusan Pajak Sepeda Motor dan Pemberlakuan SIM seumur hidup,” ujar Wakil Ketua Tim Pemenangan Pemilu (TPP) PKS Almuzzammil Yusuf  dikutip dari Kompas.

Terdapat 3 alasan yang mengekor di balik dua jadwal yang dicanangkan oleh partai berlambang padi ini. Pertama PSK ingin meringnkan beban hidup rakyat yang semakin berat dengan adanya tuntutan membayar banyak sekali macam biaya. Selain itu mereka melihat bahwa sepeda motor sudah dijadikan sebagai alat produksi bagi publik. Oleh karena itu, dengan dihapuskan pajak sepeda motor.

PKS melihat hal itu bakal menciptakan publik lebih banyak waktu produktif yang tidak terbuang karena mengurus hal-hal bersifat administratif. Mereka juga meyakini kalau kebijakan itu tidak mengganggu pendapatan kawasan pada nggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) provinsi.

Seperti kita ketahui bahwa pajak sepeda motor selama ini menjadi salah satu sumber pendapatan pemerintah provinsi, namun demikian data beberapa provinsi membuktikan bahwa porsi dari pendapatan pajak sepeda motor itu sekitar 7 hingga 8 persen dari total APBD,” ujarnya.

Perihal SIM seumur hidup, PKS bakal menerapkannya untuk SIM A, SIM B1, SIM B2, SIM C, dan SIM D, dengan alasan demi meringankan beban yang harus dibayarkan oleh masyarakat dengan berkaca kepada beberapa negera lain telah memberlakukan jadwal tersebut.

Sedangkan wacana pajak sepeda motor yang dimaksud yakni pajak kendaraan bermotor (PKB), pajak bea balik nama kendaraan bermotor (PBBNKB), Tarif Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan, biaya manajemen Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dan biaya manajemen Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) untuk sepeda motor ber-cc kecil.