mairieaussevielle.com

My WordPress Blog

Tidak hanya para pekerja saja yang bahagia adanya hari libur, tetapi semua kalangan pun bahagia menyambut hari yang mempunyai sebutan lain tanggal merah ini. Di penghujung bulan guna berganti tahun ke 2019, pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) telah melaksanakan penetapan hari libur nasional dan cuti bersama 2019.

Serangkaian penetapan libur dan cuti nasional melalui serangkaian proses pembahasan dengan berkoordinasi bersama  Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Meskipun masih di tahun 2018, namun penetapan Hari libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2019 dalam rangka membuat efisiensi dan efektivitas hari kerja serta memperlihatkan anutan bagi instansi pemerintah dan swasta loh. Terutama dalam melaksanakan hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2019.

“Keputusan Bersama ini ditandatangani oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin,” tulis laman www. kemenkopmk.go.id

Sedangkan cuti bersama akan mengurangi hak cuti tahunan para pergawai, karyawan, pekerja yang diubahsuaikan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Untuk Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama tahun 2019 ialah sebanyak 20 hari, dengan rincian Hari Libur Nasional sebanyak 16 hari dan cuti bersama sebanyak 4 hari untuk Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah dan Hari Raya Natal. Bagi bung yang ingin tau libur di tanggal berapa saja tahun depan, dapat dilihat di bawah ini :

1 Januari Tahun Baru 2019

5 Februari Tahun Baru Imlek 2570 Kongzili

7 Maret Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1941

3 April Isra Miraj Nabi Muhammad SAW

19 April Wafat Isa Al Masih

1 Mei Hari Buruh Internasional

19 Mei Hari Raya Waisak 2563

30 Mei Kenaikan Isa Al Masih

1 Juni Hari Lahir Pancasila

5 dan 6 Juni Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah

3, 4, dan 7 Juni Cuti Bersama Idul Fitri 1440 Hijriah

11 Agustus Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah

17 Agustus Hari Kemerdekaan Indonesia

1 September Tahun Baru Islam 1441 Hijriah

9 November, Maulid Nabi Muhammad SAW

24 Desember, Cuti Bersama Hari Raya Natal

25 Desember, Hari Raya Natal