mairieaussevielle.com

My WordPress Blog

Guna menumbuhkan iklim sepakbola yang baik dan jauh dari kasus SARA, Indonesia menerapkan peraturan ketat terkait nyanyian supporter yang berseruan di stadion yang berbau sara akan dikenakan sanksi. Hal ini terjadi pada pertandingan lanjutan Liga Satu yang mempertemukan Persebaya dengan Bhayangkara FC di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Setelah saling serang antar kedua tim guna mencari gol, sempurna pada menit ke-32 pertandingan dilarang untuk sementara. Penyebabnya alasannya yaitu Bonek (kelompok supporter Persebaya) menyanyikan lagu bernada SARA.

Nyanyian lagu tersebut berisikan lirik menyindir pegawanegeri kepolisian. Bhayangkara FC merupakan klub yang berhubungan dengan Polri. Isi lirik pun berisi “tugasmu mengayomi, Pak Polisi, jangan ikut kompetisi”. Di sisi lain, Djadjang Nurdjaman tidak mengetahui persis mengapa pertandingan dihentikan. Pelatih Persebaya ini karenanya menunjukkan pesan kepada Bonek untuk bertindak ibarat biasa dan mendukung tim kesayangannya dengan cara yang baik dan elegan.

“Laga dihentikan, aku tidak tahu persis kenapa. Tapi, sempat beradu argumen dengan wasit. Saya mengimbau Bonek, tetap ibarat pada pertandingan sebelumnya. Berbuat atau dukung kami dengan cara yang santun atau elegan, dan tetap sportif,” ujar Djanur dikutip dari Bola.net

Saat laga dilarang Bonek pun menyikapi dengan menerikan “boo”  dan tetap melanjutkan nyanyian yang menyindir tersebut. Anouncer pertandingan pun turun tangan dengan mengingatkan suporter untuk memberhentikan nyanyian yang berbau sara. Pertandingan terhenti cukup singkat, hanya memakan waktu dua menit. Pertandingan kembali dilanjutkan sesudah lagu tidak lagi tersiar di stadion. Sementara Pelatih Bhayangkara FC, Simon McMenemy tidak menyebabkan nyanyian sebagai alasan kekalahan tim.

Kalau penonton masuk ke lapangan dan menciptakan passing, itu mungkin berpengaruh. Tapi, itu tidak terjadi,” timpal instruktur asal Skotlandia itu.

Ini bukan kali pertama nyanyian itu dialami klub yang berhubungan dengan Polisi Republik Indonesia ini. Sebelum ketika melawat ke sangkar Madura United meraka pun mendapat nyanyian yang sama. Pertandingan tersebut juga sempat dilarang sebelum lalu dilanjutkan.

Bagaimana jawaban bung atas nyanyian tersebut?