mairieaussevielle.com

My WordPress Blog

Meski tidak seterkenal Garuda Indonesia, namun maskapai yang masih dalam naungan yang sama dengan maskapai besar tersebut, Citilink, bisa dikatakan sangat membanggakan. Ia sempat dinobatkan sebagai maskapai paling tepat waktu di Asia Tenggara menurut laporan OAG atau Official Airlnine Guide. Lalu, apa fakta menarik lain dari maskapai yang satu ini?

  1. Mulai Beroperasi Hanya Bermodalkan Dua Pesawat Kuno

Cmaskapai yang satu ini ditetapkan sebagai maskapai LCC sejak tahun 2001 lalu dan operasinya dilakukan pada 16 Juli pada tahun yang sama. Bisa dibilang, modal maskapai ini sangat pas-pasan. Ia hanya menggunakan dua buah pesawat kuno yakni Fokker F28 Fellowship model lama.

Rute awal yang ditempuh oleh maskapai ini adalah Surabaya ke berbagai tujuan seperti Yogyakarta, Balikpapan, Tarakan, Kalimantan Utara dan Makassar yang tak dilayani oleh maskapai utamanya, Garuda Indonesia.

  1. Pernah Di-Suspend Oleh Garuda

Setelah sempat beroperasi beberapa tahun, maskapai yang satu ini pernah di-suspend atau dihentikan sementara waktu operasinya. Bukan mengapa, hal ini dilakukan untuk menggandi armada dengan yang lebih modern. Pada tahun 2010, pada akhirnya maskapai ini kembali mengudara menggunakan pesawat Boeing 737-300 dan Boeing 737-400.

  1. Program Zona Hijau di Dalam Kabin

Hal lain yang harus Anda ketahui tentang maskapai Citilink ini adalah adanya program zona hijau di dalam kabin. Kabin pesawat ini memiliki konfigurasi standar 180 kursi dengan program zona hijau. Maksudnya adalah kursi pada lima baris pertama dan baris keluar jendela darurat disebut dengan nama kursi hijau.

Sedangkan sisanya diberi nama kursi biasa. Penumpang yang berada di zona hijau ini bisa mendapatkan manfaat tertentu seperti tambahan makanan ringan, minuman serta asuransi. Namun, tentu saja Anda harus melakukan pemesanan khusus atau check in dengan biaya tertentu untuk mendapatkan tempat ini.

  1. Internet di Udara Pertama di Asia Pasifik

Pada tanggal 16 Januari 2016 ini, maskapai ini menjadi maskapai bertarif rendah pertama di Asia Pasifik yang menawarkan sambungan internet alias wifi dengan ketinggian 35.000 kaki di atas tanah dan itupun tanpa dipungut biaya apapun. Mereka menerapkan sistem GX System Aviation dalam menerapkan sistem ini.

  1. Memperbolehkan Pramugari Berhijab

Bila biasanya pramugari mengenakan pakaian khusus yang terkesan ketat kecuali untuk beberapa maskapai tertentu dan jarang sekali maskapai LCC melakukannya, namun di sini tidak. Per tanggal 18 Mei 2016, pramugari yang mengenakan jilbab diperkenankan menggunakan jilbab mereka selama bertugas.

Namun, tentunya mereka memiliki desain seragam khusus untuk pramugari ini. Tujuannya tentu saja agar tidak mengganggu kinerja pramugari pemberian layanan bagi para penumpang. Saat ini, sekitar 185 orang dari total 750 pramugari di maskapai ini sudah menggunakan hijab saat bertugas.

  1. Maskapai yang Mengantongi Banyak Penghargaan

Hal lain yang jadi kebanggan dari maskapai ini adalah ia memperoleh banyak sekali penghargaan. Itu dikarenakan mereka memang memprioritaskan kepuasan pelanggan. Beberapa penghargaan yang sudah diraihnya adalah Marketing Campaign at The Budgies dan Travels Awards 2012, Service to Care Award for Airlines dan masih banyak lagi.

Meski termasuk dalam golongan maskapai LCC, namun Citilink terus berusaha memberikan yang terbaik untuk kepuasan semua pelanggannya. Bagi Anda yang tertarik terbang bersama maskapai anak dari Garuda Indonesia ini, tak ada salahnya, kok! Maskapai ini cukup aman dan mereka juga memiliki awak pesawat yang ramah dan bertata krama baik.

https://m.id.investing.com/news/economy/ramah-di-kantong-ini-fakta-menarik-citilink-indonesia-1926926

https://m.liputan6.com/bisnis/read/3528508/citilink-jadi-maskapai-paling-tepat-waktu-di-asia-tenggara

https://m.wartaekonomi.co.id/berita251785/ramah-di-kantong-ini-fakta-menarik-citilink-indonesia.html/0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *