mairieaussevielle.com

My WordPress Blog

Mobil adalah salah satu transportasi yang paling digemari dalam dunia otomotif saat ini. Banyaknya spesifikasi mobil membuat konsumen tertarik untuk memilikinya. Di tempat jual mobil bekas menjelaskan terdapat beberapa bagian luar mobil yang akan dibahas pada artikel ini adalah velg dan ban. Kedua bagian ini tentunya saling mendukung satu sama lain, dengan ukuran yang sesuai ban dan velg dapat digunakan dengan baik saat mobil dijalankan.

Oleh karena itu ban dan velg haruslah saling sesuai ukurannya agar ban mobil dapat bergerak dengan baik. Untuk itu velg yang digunakan haruslah sesuai dengan cara memilih seperti di bawah ini:

  • Untuk mobil biasa, velg yang dipilih harus sesuai dengan spesifikasi. Velg memiliki ukuran PCD (Pitch Centre Diameter) ditetapkan berdasarkan jarak antara lubang baut yang satu dengan yang lainnya, ukuran PCD tertera pada velg.
  • Terdapat 2 jenis velg yaitu velg standard dan velg alfamarketVelg standard yang terbuat dari baja, velg alfamarket terbuat dari jenis logam ringan seperti billet steelforged alloy, atau magnesium. Gunakan velg yang ringan tetapi berkualitas supaya bobot mobil berkurang.
  • Pemilihan model velg, model velg dapat mengubah tampilan dan gaya mobil. Model yang dipilih biasanya sesuai dengan selera pengguna mobil tanpa mengesampingkan kualitas velg yang dipilih.
  • Velg standard biasanya sering digunakan untuk mobil biasa, namun banyak juga pengguna yang memodifikasi velg standard menjadi velg yang diinginkan.
  • Apabila ingin menggunakan velg racing maka perlu memperhatikan kesesuaian velg dengan tipe mobil yang digunakan.

Beberapa tips memilih velg diatas sangat perlu diperhatikan karena akan berpengaruh terhadap performa mobil saat dijalankan. Hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan velg racing, velg racing dengan model palang dan ukuran besar serta lebar untuk mobil besar tetapi velg ukuran kecil dan tipis untuk mobil yang kecil. Performa mobil dapat berkurang apabila velg memiliki diameter yang lebar sehingga memiliki bobot yang lebih berat.

Berikut adalah cara memilih ban mobil yang tepat untuk sesuai dengan velg mobil diantaranya:

  • Kemudian, perhatikan tipe ban mobilmu. Beberapa tipe ban seperti huruf ‘P’ atau Passanger untuk mobil penumpang, huruf ‘LT’ atau Light Truck untuk truk yang beratnya sedang, huruf ‘ST’ atau Special Trailer diperuntukkan untuk mobil trailer, huruf ‘T’ atau Temporary ditujukan sebagai ban cadangan, dan huruf ‘R’ berarti ban merupakan jenis ban radial.
  • Ukuran ban mobil terdapat setelah penulisan tipe ban mobil, ukuran ban yang digunakan harus sesuai dengan velg mobil.
  • Perhatikan lebar ban, lebar ban akan mempengaruhi daya cengkram dan kecepatan mobil. Semakin lebar ban maka daya cengkramnya semakin kuat dan menambah kecepatan mobil.

Selain itu, perlu memperhatikan ketebalan ban dan kode kecepatan ban juga merupakan hal yang penting dalam memilih ban mobil. Pada bagian belakang setelah kode ukuran ban. Dalam menggunakan mobil dengan kecepatan tinggi harus memperhatikan kondisi ban yang dapat bertahan pada batas kecepatan maksimalnya.

Beberapa tips memilih ban diatas tentunya dapat dipenuhi untuk menyesuaikan penggunaannya dengan velg berdasarkan rekomendasi dari tempat jual mobil bekas. Kedua bagian ini sangat berpengaruh terhadap kenyamanan dan terhadap rute perjalanan yang dilalui. Selain itu juga, ban yang tidak sesuai dengan velg mobil akan membuat tampilan mobil menjadi tidak menarik. Oleh karena itu cara memilih velg dan ban diatas sangat membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *